Refund Tiket AirAsia

Tanggal 30 April 2013 yang lalu si ayang beli tiket AirAsia ke Johor Baru. Tujuan liburan kami sebenarnya adalah ke Singapore, yang konon katanya dapat di tempuh dalam waktu 2 jam perjalanan dari Johor Baru. Saat itu tidak ada rute penerbangan langsung ke Singapore.

Di awal Agustus si ayang mendapat konfirmasi dari AirAsia bahwa rute penerbangan dari Medan ke Johor Baru telah dihapuskan, yang otomatis tiket kami pun dibatalkan. AirAsia memberikan 2 opsi pilihan, di refund atau dijadikan kredit untuk pembelian tiket selanjutnya. Halaaahhh…. aku yang sudah mulai cari-cari info perjalanan murah meriah selama di Singapore langsung geram dan tak bersemangat. Kami kunjungi counter terdekat, ternyata AirAsia menutup rute Medan-Johor Baru digantikan dengan membuka rute Medan-Singapore.

Kemarin AirAsia ada promo lagi, iseng-iseng cek tiket ke Singapore, dan yaaayyy…. Dapat harga yang cocok di kantong, cuma selisih sedikit dengan tiket Johor Baru kemarin. Saatnya refund tiket Johor Baru!

AirAsia sekarang gak bisa refund ke counter, harus refund sendiri melalui website-nya. Dulu udah diajarin sih, tapi aku lupa. Googling sana sini gak nemu caranya, malah kebanyakan informasi bahwa AirAsia gak bisa refund sesuai permintaan penumpang. Akhirnya aku telepon call centre, dan berikut caranya:

1. Buka web airasia.com dan ketik e-form pada kolom search di paling atas, enter.

1

2. Kita akan muncul di halaman Ask AirAsia, kemudian klik E-form yang ada dipaling bawah.

13. Isi Form dan setelah itu klik masukkan

2

Selesai… Sesuai catatan, refund ini akan direspon ke e-mail kita dalam waktu 5 hari kerja. Menurut informasi dari call centre, proses ini akan berlangsung paling lama 30 hari hingga akhirnya refund di transfer ke rekening. Lama ye…

Tutorial migrasi dari MP ke WP

Aug 27, ’12 4:51 AM
for everyone

Biar sebagian contact aku dah pada berhasil migrasi, tapi masih ada beberapa yang nanya-nanya gimana caranya. Sebelum liburan kemarin aku udah berhasil migrasi dengan bantuan Rana. Mudah-mudahan dengan dibuatnya tutorial ini bisa membantu ya…

Sebagai informasi, postingan yang bisa di pindahkan itu cuma Notes, Blog, Review, dan Recipes. Untuk yang lain belum nemu caranya. Harapannya sih nungguin tools migrasi dari pihak MP, yang sepertinya cuma janji palsu belaka. Migrasi hanya bisa dilakukan untuk Posts yang settingan for Everyone. Jadi pastikan semua Notes, Blog, Review, dan Recipes tersetting for everyone.

Kalau punya ribuan posting seperti aku pasti ribet harus merubahnya satu persatu. Cara gampangnya ada kok. Mari kita mulai, perhatikan satu-persatu tahapannya ya…

1. Masuk ke Media Locker dan klik Notes

2. Centang seluruh postingan kemudian klik Access

3. Centang “apply to all … items”, pilih Access “Everyone”, kemudian klik “Save and Continue”

4.Taraaa… Semua Notes sudah tersetting for everyone. Lakukan hal yang sama untuk Blog, Review, dan Recipes. Pastikan semua sudah tersetting for everyone, cek juga di halaman berikutnya.

Sekarang saatnya kita migrasi ke WordPress. Tentu saja sebelumnya kalian sudah membuat akun WP. Mari kita mulai:

1. masuk ke link ini http://febiansyah.name/apps/rssgen/multiply.php klik “Java-based Multiply RSS Generator” dan download aplikasinya di sini http://goo.gl/hXYqL dan extract.

2. Doble klik “MultiplyRSSGenerator” JAR file

dan akan muncul windows seperti ini

3. Masukkan username Multiply –> centang Journal, Review, Recipes, dan Notes –> klik browse dan simpan file di tempat yang kalian inginkan –> kemudian klik Process

4. File yang akan muncul seperti ini

5. Buka akun WP dan masuk ke Dashboard dengan cara arahkan kursor ke avatar kalian di kanan atas, pilih username yang ada di paling bawah, dan klik Dashboard.

6. Pilih “Tools” yang ada di sebelah kiri dan klik “Import”

7. Klik WordPress

8.Masukkan file yang telah di extract tadi kemudian klik “upload file and import”

9. Kalau ada tulisan “Failed to import author . Their posts will be attributed to the current user.” cuekin aja. Terus scroll ke bawah dan klik SUBMIT

10. Harusnya proses ini tidak memakan waktu yang lama. Kalau aku sih sekitar 15 menit. Untuk memastikannya, buka kembali Dashboard WP dan lihat content. Kalau jumlah postingan yang diimport telah sesuai jumlahnya, artinya proses migrasi dari MP ke WP telah berhasil!

Selamat mencoba….

———————————————————————————————————————–

Fyi, Posts ini pindah beserta komen-komennya juga loh… Gimana gak senang coba….
Terimakasih banyak buat om Hidayat Febiansyah yang telah buat tools ini.

Cara download file Torrent melalui IDM

Masih melanjuti kekesalan disini, sejak itu terus-terusan nanyain si mbah google adakah cara lain download file Torrent. Dan ketemu dah caranya disini, pakai IDM katanya. Kegirangan dong… Kirain bakalan menemukan kecepatan yang 135 KB/sec. Dengan semangat langsung aku cobain caranya.

Pertama, klik kanan file yang akan kita download kemudian klik copy link location

Kedua, buka website torrific.com dan harus mendaftar dulu (gratis)

Ketiga, Klik kanan pada kotak panjang di website itu kemudian klik Paste dan Get. Jika muncul your torrent has not yet been queued, artinya file bisa di download. Langsung saja klik initiate bittorrent transmission.

Tunggu hingga file menjadi available. Dan menunggu availablenya ini, lamaaaaaa….

Setelah available kirain file sudah siap sedia buat di tonton, ternyata nggak! Pada tahap ini proses mendownload menggunakan IDM baru dimulai. Caranya sama seperti mendownload file biasa.

Kesimpulannya, masih mending pake U Torrent. Gak dua kali kerja dan gak ribet.

Internet Download Manager (IDM)

Dari dulu udah banyak kali yang nyaranin kalau mau download cepat pake IDM. Aku yang paling gak suka mengutak atik fasilitas kantor *cieh* bersikeras dalam hati gak mau menginstal program apapun selain yang diperintahkan kantor. Yak, dipertahanin aja gitu download pake Mozilla.

Tapi tadi saking keselnya sama Torrent yang mendownload 1 episode aja sampe seharian, akhirnya aku instal-lah si IDM yang aku download dari sini. Begitu nyoba download 49 Days eps 13, gileeee…. Kecepatan rata-rata 135 KB/sec. Semangat lagi dah…

Note: tapi sampe sekarang belum nemu cara download Torrent pake IDM.

Cara Mendownload dengan Torrent

Beberapa hari belakangan ini aku lagi heboh-hebohnya mendonwnload Korean Drama “49 Days”. Seperti biasa, downoadnya ngambil dari Indowebster. Ternyata untuk mendownload film ini kita dikasi tiga pilihan, bisa melalui Indowebster, Mediafire, atau Torrent.

Tentu aja pilihan pertama jatuh pada Indowebster, lebih cepat soalnya. Tapi sayang di beberapa episode ketika mulai mendownload eh malah muncul

Kemudian coba download dari Mediafire, awalnya berhasil tapi belakangan kok OOPS! Makin gak ngerti ah…

Ketika tiba di episode 11 muncul dua kejadian yang begini, jadi gak ada pilihan lain selain pakai Torrent. Awalnya gak ngerti gimana caranya, soalnya begitu di klik yang muncul begini. Kok file filmnya cuma 14.2KB?

Searching searchin di google akhirnya ketemu disini, ternyata begini caranya:

Pertama kita harus mempunyai software clieny Torrent, disini aku menggunakan U Torrent yang bisa di downoad disini. Setelah itu install di komputer anda. Begini penampakan icon-nya.

Dengan adanya software ini di komputer anda, kegiatan download mendownload pun sudah bisa dimulai. Langsung aja klik file download Torrent tersebut, contohnya episode 11 yang 14.2KB tadi. Nantinya akan otomatis muncul windows open/save file. Langsung save aja dan tungguin hingga selesai.

Yaaaiiiiii…… Sekarang gak perlu bingung lagi kalau mau download melalui Torrent. Tapi kecepatannya jauh kalah sama Indowebster dan Mediafire. Pakai Torrent jalannya kayak kura-kura… *nungguin download-an episode 11 yang dari tadi pagi gak siap-siap*

HJSplit

Bagi aku yang baru saja menggeluti dunia download mendownload film ini, sangat asing dengan program HJSplit alias baru tau woi… Sebelum menjelaskannya panjang lebar, aku kasi tau tempat downloadnya:

Silahkan download HJSplit disini

Menemukan hasil download-an dalam format .rar dan terbagi atas beberapa bagian seperti ini:Agar bisa ditonton secara utuh, file .rar yang telah terbagi-bagi tersebut bisa disatukan dengan menggunakan program HJSplit. Icon HJSplit yang telah kamu download tadi seperti ini:
Caranya:
Sebelum menyatukan file .rar tersebut, pastikan me-rename semua bagian-bagian file tersebut menjadi nama yang sama dan mengganti .rar menjadi .avi.001,002,003, dst. Misalnya dorama Good Luck! episode2 terbagi atas 4 bagian dan nama-nama hasil download-annya adalah part1.rar, part2.rar, part3.rar, part4.rar. Rename semua file-file tersebut menjadi eps2.avi.001, eps2.avi.002, eps2.avi.003, eps2.avi.004 sesuai dengan urutannya. Jika muncul warning file saat merename, abaikan saja. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut:
Kemudian double klik program HJSplit.exe hasil download tadi (icon centang), klik join, input file dan browse file yang akan digabung. Pastikan semua file tersebut berada dalam satu folder.

Yang diinput cukup file yang 001, sisanya akan terekstrak secara otomatis. Kemudian klik start dan tunggu hingga Join complete. Selesai dah.Terimakasih buat teman-teman twitter yg udah ngasi tau buat info ini.

 

Memindahkan video ke kepingan dvd

Beberapa waktu lalu saya ada membuat postingan “bagaimana caranya memindahkan video hasil download-an yang ber-type file avi ke dalam kepingan dvd sehingga bisa diputar di dvd player?” disini.

Saya sudah mencoba berbagai saran dari teman-teman dan BERHASIL!!! makasih ya woooiii…..

Jadi saya akan sharing ilmunya di postingan berikut ini. Caranya:

  1. Pertama-tama kalian harus meng-convert file yang ber-type avi menjadi mpeg. Untuk meng-convert video ini kalian bisa menggunakan software Avi to Mpeg v3.0 yang bisa di download disini.
  2. Instal software hasil download-an tadi dan akan muncul icon seperti ini di desktop kalian.
  3. Double klik icon tersebut dan muncullah windows seperti ini
  4. Add video, pastikan output qualitynya yang pilihan ke 5 “super quality”, video size-nya pilih yang “Auto-Original”, dan save video ke tempat yang sesuai pilihanmu.
  5. Kemudian klik converter, tunggu prosesnya sampai 100%.
  6. Setelah selesai, cek folder video output di tempat pilihan kamu tadi.
  7. Mengkonvert video menjadi mpeg sudah selesai dan sekarang kamu tinggal burning video tersebut kekepingan dvd dengan menggunakan nero. Caranya seperti biasa kamu burning file atau mp3.

Taraaaaaaaa……… prosesnya selesai dan kamu tinggal mencobanya ke dvd player. Kalau pilihan kamu saat mengkonvert video tadi sesuai dengan petunjuk yang saya berikan, dijamin hasil gambarnya bagus dan tidak pecah-pecah di televisi anda.

Selamat mencobaaaaaaaaa…………..