Pentingnya ruang terbuka hijau

ImageKemarin menemukan gambar ini di sebuah artikel tentang pemanasan global. Dulu gak begitu ngeh dan peduli dengan isu ini, tapi sekarang setelah merasakan dampaknya, seperti cuaca panas berkepanjangan hingga mencapai 370C dan ketika musim hujan banjir dimana-mana, baru merasakan pentingnya ruang terbuka yang hijau. Beruntungnya Medan belum merasakan banjir separah di Jawa, pohon-pohon gede berumur ratusan tahun *mungkin* masih dibiarkan berdiri tegak di beberapa pinggir jalan kota. Sayangnya beberapa lahan kosong mulai dibangun pusat perbelanjaan dan perumahan. Gak mungkin kita heboh protes sana sini dan merusak rancangan pemerintah untuk pembangunan kota. Jadi bagaimana?

Yang gampangnya, mulailah membuat ruang terbuka hijau dirumah sendiri. Rata-rata perumahan menyediakan lahan untuk dijadikan taman hanya seluas 3x3m. Gak masalah, banyak kok pohon pelindung yang akarnya tidak merusak bangunan dan ranting pohonnya nggak berkesan semrautan. Aku pernah baca artikel yang menyatakan “Setiap orang memerlukan 0.5kg oksigen perhari, sedangkan sebuah pohon pelindung menyediakan oksigen hanya untuk 2 orang perhari.” Jadi makin yakin kan betapa pentingnya pohon pelindung di halaman rumah?

Mari mulai menanam…

ImageKalau aku tanam pohon ketapang di halaman rumah, dan tanam pohon kamboja bali di luar pagar. Tanam 2 pohon sekaligus biar sepanjang hari menghirup udara segar…

Image

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s