Salju Panas di Tinggi Raja

Image

Sekitar setahun yang lalu aku lihat seorang teman facebook mengupload foto-fotonya di tinggi raja. Setelah itu aku langsung searching di google dan makin tertarik untuk mengunjungi tempat ini. Aku ceritain ke si ayang, tapi berhubung kata si google jalan menuju tempat ini rusak parah dan hanya bisa dilalui oleh sepeda motor, maka diurungkanlah niat.

Entah ada angin apa, seminggu yang lalu tiba-tiba si ayang ngajak ke tempat ini. Tujuannya cuma satu, buat foto-foto sebentar setelah itu langsung pulang. Stamina dan bekal pun disiapkan. Sebenarnya jarak dari rumah menuju ke tempat ini gak begitu jauh, tapi karena 10 km terakhir jalan menuju tempat ini adalah jalan bebatuan dan lumpur yang berbukit-bukit, jadi memakan waktu lama *sekitar 3 jam* dan terasa melelahkan.

Ini dia tempatnya… Yuk foto-foto narsis dulu…

ImageImageImageTempatnya gak sebagus yang dibayangkan, tapi lumayanlah buat pamer-pamer foto. Masuk ke tempat ini hanya dikenakan biaya parkir Rp. 5000,- tapi saat jalan menuju ke tempat ini, ada beberapa pungutan liar. Untungnya kami berangkat pagi-pagi sekali dari rumah, jadi cuma kena 2 kali pungutan liar yang masing-masing Rp. 5000,-.

Kalau mau ketempat ini disarankan berangkat pagi-pagi sekali, karena lokasinya banyak uap panas, jadi kebayangkan panasnya ketika kita berada di tempat itu pas jam 12 siang dimana matahari lagi terik-teriknya. Yang gak tahan bau belerang, mending jauh-jauh dari sumber air panasnya atau pake masker mungkin bisa teratasi. Tempat ini juga minim fasilitas, jadi jangan berharap menemukan kamar mandi dan tempat makan yang memadai. Persiapkan dari rumah…

Penasaran dengan sejarah tempat wisata ini, berikut aku uraikan hasil searching dari google:

Dolok Tinggi Raja terletak di Desa Dolok Merawan Kecamatan Tapian Dolok Kabupaten Simalungun Propinsi Sumatera Utara. 

Dolok tinggi raja merupakan salah satu pemandian air panas yang masih alami dari sebagian pemandian air panas yang ada di Indonesia.
Kawasan ini telah dilindungi sejak tahun 1924 melalui keputusan bersama raja-raja Simalungun. Kawasan ini merupakan hutan hujan tropis dataran rendah yang subur dan hijau dengan komposisi tegakan pohon yang beraneka ragam.
Keunikan yang khas dari kawasan ini adalah potensi sumber air panas yang berasal dari endapan-endapan kapur yang terbentuk dari proses panas bumi yang mengandung belerang sehingga membentuk teras-teras tanah kapur berbukti, dengan luas mencapai 35 hektar.
Aliran air panas yang menyatu dengan air sungai sering dimanfaatkan untuk mandi karena airnya terasa hangat.
Fenomena alam yang cukup unik akibat adanya panas bumi yang aktif ini, dapat berpindah-pindah tempat. Bukit-bukit hasil endapan kapur yang terlihat sudah tidak aktif lagi, sewaktu-waktu dapat kembali aktif. Hal ini menunjukkan kondisi panas bumi dan bukit-bukti kapur tersebut tidak stabil.

Ketidakstabilan inilah yang menjadikan perlindungan kawasan menjadi sangat penting untuk tetap dijaga kelestariannya, demi kestabilan ekosistem hutan dan kawasan sekitarnya.

– Sumber: http://www.griyawisata.com/nasional/sumatera-island/artikel/salju-panas-dolok-tinggi-raja-yang-luar-biasa#sthash.7p2Eeem2.dpuf

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s