Harmony

ImageMelihat iklan film ini di salah satu televisi swasta, dan lagi-lagi aku gak sempat nonton, maka langsung download dan nonton disela-sela istirahat jam kantor.. uhum… Berkisah tentang kehidupan di penjara wanita, yang ternyata tidak seseram yang dibayangkan.

ImageScene awal kita akan melihat Hong Jeong Hye [Kim Yu Jin] yang sedang melahirkan seorang bayi laki-laki lucu yang diberi nama Min Woo [Lee Tae Kyoung]. Jeong Hye harus melahirkan di penjara karena tanpa sengaja telah membunuh suaminya yang tengah melakukan KDRT terhadapnya. Sesuai peraturan, Min Woo akan hidup di penjara bersama ibunya selama 18 bulan, setelah itu ia harus diadopsi oleh orang lain.

ImageKehidupan Min Woo tidak seburuk yang dibayangkan, seluruh tahanan dan para penjaga penjaga menyayangi dirinya, terlebih lagi Kim Moon Ok [Na Moon Hee], Ji Hwa Ja [Jung Soo Young], Kang Yeon Sil [Park Jun Myeon] teman satu kamar Jong Hye dan Kong Na Yeong [Lee  Da Hee] seorang petugas penjaga penjara. Mereka bahkan merayakan ulang tahun untuk Min Woo.

ImageSuatu ketika ada sekelompok paduan suara yang didatangkan untuk mengisi sebuah acara. Hal itu menginspirasi Jeong Hye untuk membentuk kelompok paduan suara di penjara, apalagi ia ingin menyenangkan hati Min Woo dengan menyanyi karena entah mengapa setiap ia mulai menyanyi, Min Woo selalu menangis.

Keinginan Jeong Hye bukan hayalan semata, keinginannya diizinkan oleh kepala penjara. Jeong Hye semakin bersemangat setelah mengetahui seorang tahanan baru, Kang Yu Mi [Kang Hye Won], jago bernyanyi. Ada Moon Ok yang sebelum masuk penjara adalah seorang pianis.

ImageBerhasilkah kelompok paduan suara ini? Dari scene pertama cerita ini udah mengharukan. Walau penjara membuat tabiat mereka keras, tapi sebenarnya mereka adalah orang-orang yang baik. Secara ringkas diceritakan awal kisah mengapa mereka bisa masuk ke penjara, bisa dibayangkan ada banyak tokoh, kita membayangkan film akan didominasi oleh kisah mereka masing-masing. Tapi ternyata tidak, sutradara sangat pintar memadatkan kisah-kisah mereka hanya dalam satu scene. Fokus cerita benar-benar hanya terletak pada kelompok paduan suara Harmony.

Kisah-kisah dari masing-masing tokoh hanya dijadikan selingan, tapi benar-benar berhasil membolak balik perasaan penonton, terutama kisah Min Woo. Ini adalah salah satu film Korea yang wajib nonton, sedihnya dapet!

Stars: 4.5

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s