Masquerade

ImageSedikit jenuh dengan drama, kali ini aku nonton Korean Movie yang mendapat banyak penghargaan di tahun 2012. Berawal dari iklan di salah satu stasiun tv swasta yang akan menayangkan film ini, tapi sayang aku gak sempat nonton karena waktu itu adalah weekend, waktunya jalan-jalan. Untungnya link downloadnya udah bertebaran dimana-mana, jadi gampang. Begitu kelar nonton, langsung dirivew saking semangatnya…

Suatu hari Raja Gwang Hae [Lee Byung Hun] mendapati sendok peraknya berubah warna menjadi hitam, yang berarti makanan yang akan disantapnya mengandung racun. Raja marah besar, ada penghianat di dalam istana yang mecoba membunuhnya. Diam-diam raja memerintahkan sekretarisnya Heo Gyun [Ryoo Seung Ryong] untuk mencari seseorang yang benar-benar mirip dengan dirinya. Raja merasa hidupnya tidak tenang selama penghianat tersebut masih berkeliaran.

ImageHeo Gyun menemukan orang tersebut, wajahnya sama persis dengan raja tapi sayang kelakuannya jauh dari yang diharapkan. Dia adalah Ha Sun [Lee Byung Hun] seorang pelawak di sebuah rumah gisaeng yang kalau berbicara selalu cabul. Heo Gyun membawa Ha Sun untuk menghadap Raja dan malam itu menjadi malam pertamanya untuk menyamar sebagai Raja sementara Raja mengunjungi salah satu selirnya.

Tidak disangka, penyamaran Ha Sun yang hanya sebagai percobaan harus di perpanjang karena Raja jatuh sakit karena racun. Ha Sun harus menyamar menjadi Raja sampai kondisi raja yang sebenarnya membaik demi stabilitas politik kerajaan.

Tidak sulit bagi Ha Sun untuk menyamar tapi ada kalanya sifat aslinya muncul. Bagaimana Ha Sun mejalani hari-hari kedepannya? Bagaimana dengan nasib Raja yang asli? Siapakah penghianat sebenarnya?

Aku selalu tertarik dengan kisah-kisah masa Joseon yang berlatar belakang sejarah. Tapi berbeda dengan sebelumnya, film ini tidak terkesan kaku. Di awal cerita kita justru disuguhkan adegan lucu ketika Ha Sun menjalani hari-hari pertamanya sebagai Raja, dimulai dari dia bangun tidur, buang air, hingga cara menghadapi para dayang dan mentri.

ImageYang bikin aku makin excited, disini ada Han Hyo Joo yang berperan sebagai Ratu. Hubungan raja dengan Politik, Ratu, Pengawal, dan Dayangnya mempunyai kadar yang pas. Masing-masing ada cerita yang membuat penonton tersentuh. Jalan cerita yang berlatar belakang sejarah sudah cukup untuk menjadi dasar yang kuat, tapi penulis script berhasil mencampur adukkan perasaan penonton dengan karakter Raja yang benar-benar sangat manusiawi.

Stars: 4.5

Advertisements

4 thoughts on “Masquerade

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s