Jang Ok Jung, Live In Love

ImageYang pernah nonton Dong Yi, pasti tau dengan sosok Jang Ok Jung ini. Yah, inilah awal dari ketertarikan aku menonton drama yang diangkat dari sejarah ini. Jang Ok Jung [Kim Tae Hee] adalah sosok jahat yang akhirnya di eksekusi minum racun oleh raja Sukjong [Yoo Ah In]. Bagaimana mungkin tokoh antagonis dijadikan  leader di sebuah drama? Ini yang bikin aku penasaran bagaimana penyuguhan jalan ceritanya.

Ternyata sebelum masuk ke istana, Jang Ok Jung adalah seorang designer dan ahli kosmetika. Dilahirkan dari seorang ibu yang keturunan budak membuat jalan hidupnya sangat berat, walau ayahnya adalah keturunan bangsawan (telah meninggal). Jang Ok Jung berusaha mengumpulkan uang untuk membebaskan ibunya dari perbudakan melalui pakaian-pakaian yang didesignnya dan kemudian lari ke Cina, tapi ternyata takdir berkata lain. Jang Ok Jung harus masuk ke Istana untuk menyelamatkan ibunya melalui Jo Sa Seok. Jang Ok Jung masuk ke istana awalnya sebagai pelayan di departemen jahit, tempat membuat pakaian di istana.

ImageTerlalu banyak hal yang kebetulan disini hingga raja Sukjong menganggap mereka memang ditakdirkan bersama. Jang Ok Jung ternyata adalah cinta pertama Sukjong saat dia menjadi putra mahkota Lee Soon. Tapi mereka tidak pernah bertemu lagi hingga pemilihan permaisuri tiba. Pertemuan demi pertemuan terjadi diantara Sukjong dan Jang Ok Jung tanpa ada perkenalan satu sama lain.

Image

Di rumah salah satu konsumen Jang Ok Jung

Image

di Pesta Pengeran Dong Pyeong

Image

di Istana saat menjadi pelayan Inkyung

Image

di hutan

Image

saat Jang Ok Jung menyelamatkan Sukjong dari percobaan pembunuhan

ImageMengetahui hal ini, ibu suri tua memasukkan jang Ok Jung ke Istana sebagai pelayan, yang nantinya akan menjadi kaki tangannya untuk memperkuat posisinya dari partai selatan. Jang Ok Jung yang saat itu sebagai pelayan, dipertemukan ibu suri dengan Sukjong di sebuah ruangan minum teh. Inilah awalnya hingga Jang Ok Jung diangkat jadi selir tingkat Suk Won, Hui Bin, hingga Permaisuri setelah dia menjatuhkan Permaisuri Inhyeon.

ImageSetelah diangkat menjadi selir, Jang Ok Jung semakin haus akan kekuasaan, apalagi setelah Suk Jong berjanji tidak akan pernah melepaskan tangannya. Perseteruan demi perseteruan terjadi antara Jang Ok Jung dan In Hyeon. Masuknya selir Choi Suk Bin membuat posisi Ok Jung semakin terancam.

Image

In Hyeon

Image

Choi Suk Bin

Setelah menonton ini, mau tidak mau kita pasti membanding-bandingkannya dengan Dong Yi. Kalau menurut forum, ada sangat banyak yang bertentangan dengan sejarah. Misalnya, gelar Suk Won diberi ke Jang Ok Jung karena kecantikannya. Sedangkan gelar Suk Bin diberikan kepada Choi karena baik hatinya. Disini sosok Choi Suk Bin justru bodoh dan jahat karena menjadi kaki tangan In Hyeon.

Terlepas dari Dong Yi dan Sejarah, aku cukup menikmati jalan cerita di drama ini. Sosok Jang Ok Jung diceritakan menjadi jahat karena situasi yang mendesaknya. Perseteruannya dengan In Hyeon juga tidak berakhir buruk, apalagi di akhir cerita diberitahukan bahwa makam Sukjong, In Hyeon, dan Jang Ok Jung saling berdampingan.

Walaupun sudah tau endingnya akan seperti apa, tapi endingnya tetap meninggalkan kesan dan bikin merinding. Sutradaranya jagoan nih… Tapi kenapa Sukjong digambarkan jadi agak maniak gitu ya? Jadi seperti dibutakan oleh kecantikan Jang Ok Jung 😀

Soundtrack ok, akting Kim Tae Hee udah pasti juara, tapi yang memerankan Jang Ok Jung kecil sepertinya agak kurang pas karena warna kulitnya agak matang gitu :p

Stars: 4

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s