Ya sudah la…

Kemarin aku mendapatkan berita bahwa Multiply akan benar-benar di tutup. Ia, akan benar-benar dibumihanguskan dari dunia maya ini pertanggal 6 Mei 2013. Berita ini cukup mengejutkan mengingat… Ayoklah aku ceritain lagi…

Jadi di akhir tahun 2012 yang lalu, aku yang telah bergabung di multiply sejak tanggal 1 November 2007 dikejutkan dengan berita bahwa kami para blogger harus segera beberes pindah ke social media lain karena multiply akan berubah menjadi tempat jual beli per 1 Desember 2012. Fasilitas ngeblog akan dihapus. Siapa yang gak marah? Lima tahun memang bukan waktu yang lama, tapi ada banyak kenangan disana. Bagaimana cara aku mempertahankan kenangan yang berwujud tulisan, gambar, suara, dan video ini? Banyak yang berusaha keras agar bisa tetap mempertahankan fasilitas tetap seperti dulu. Sampai pertemuan dengan pihak multiply juga sudah dijalankan. Tapi siapa kita? Sebahagian besar cuma free user (termasuk aku), kok mau macem-macem.

Dengan sedikit kemarahan akhirnya aku memboyong beberapa kenangan ke wordpress. Bersyukur ada yang mau bersusah payah membuat tools agar aku yang gaptek ini bisa gampang memindahkannya ke sini tanpa copy paste satu demi satu postingan yang jumlahnya hampir seribu. Walau music dan video gak bisa dipindahkan, tapi cukup memuaskan lah…

Akhirnya di bulan Maret 2013 yang lalu kami para blogger resmi tak berjejak sedikitpun di multiply. Alhamdulillah aku sudah mulai nyaman dengan wordpress, walau pernah 2 kali mampir ke multiply buat cek dan ricek. Id medilubis benar-benar hilang tak berbekas disana.

Nah, tanggal 26 April 2013 aku mendapat berita bahwa multiply benar-benar akan ditutup. Yang jelas aku tak begitu peduli dan ambil pusing, lah sudah betah disini. Tapi para teman-teman kok malah heboh memperdebatkan ini ditutup akibat kutukan para blogger atau multiply emang udah lama mau bangkrut? Malah ada yang menambah kutukan, “sukurin lo gara-gara ngusir kita tuh.” Hadeh…

Ya sudah la… Tetap berterimakasih kepada multiply karena telah membuat banyak kisah dan kenangan, mempertemukan teman-teman yang sudah jadi seperti saudara hingga saat ini, mengajarkanku menulis walau hanya sekedar hobi, mempertemukan aku dengan orang-orang hebat dan menginspirasi. Semoga di wordpress ini bisa diwujudkan kembali masa-masa yang menyenangkan seperti di multiply dulu…

Leave a Reply

