Jewel In The Crown / Dong Yi

Image

Berawal dari memperhatikan kicauan 2 orang teman di salah satu sosial media yang sedang membahas drama yang pernah tayang di salah satu stasiun tv swasta ini membuat aku tertarik nonton. Eh ternyata yang tayang tersebut itu tinggal beberapa episode terakhir. Akhirnya aku googling untuk menemukan link download, ternyata totalnya ada 60 episode aja! Melihat total episode yang harus di download membuat aku malas dan mengulur-ulur waktu. Hingga beberapa waktu lalu, setelah sukses menyelesaikan Ojakgyo Brothers yang 58 episode, kenapa Dong yi yang 60 episode ini gak bisa? Akhirnya aku putuskan untuk memulainya disela-sela menunggu selesai tayangnya drama Song Hye Kyo yang terbaru.

ImageDrama kolosal ini berkisah tentang seorang anak yang berasal dari golongan rendah (budak) yang bernama Dong Yi [Han Hyo Joo]. Ayahnya seorang ahli forensik dan juga merupakan kepala dari sebuah organisasi yang bernama Pedang Persaudaraan. Organisasi tersebut didirikan untuk melindungi golongan rendah atas kesemena-menaan bangsawan. Suatu hari organisasi ini dijebak dan dituduh membunuh beberapa bangsawan. Ayah Dong Yi, abangnya, dan seluruh anggota organisasi Pedang Persaudaraan ditangkap dan dieksekusi mati.

ImageDong Yi hidup sebatang kara dan atas bantuan seorang Gisaeng yang bernama Soul Hee, Dong Yi berhasil memasuki istana untuk mencari bukti ketidakbersalahan ayah dan abangnya. Di istana Dong Yi hidup sebagai pelayan di departemen musik.

ImageSuatu hari Dong Yi bertemu dengan Raja Suk Jong [Ji Jin Hee] yang sedang menyamar untuk menyelidiki sebuah kasus yang dicurigai sebagai usaha konspirasi untuk menyingkirkan calon selir Jang Ok Jung [Lee Soo Yeon]. Atas kepintaran Dong Yi, Ok Jung terbebas dari masalah dan Dong Yi direkomendasikan untuk masuk ke Biro Investigasi. Kasus demi kasus berhasil diselesaikan oleh Dong Yi membuat dia jadi penyidik kesayangan Raja… hohohoho…

ImageSayangnya hubungan Dong Yi dan Jung Ok tidak berjalan baik. Ketamakan Jung Ok dan keluarga ingin menggulingkan Ratu Inhyeon [Park Ha Sun] dengan cara kotor membuat Dong Yi tidak tinggal diam. Cerita semakin seru ketika cinta Raja berpindah dari Jung Ok ke Dong Yi… hoahoahoa….

Walau jumlahnya 60 episode, tapi drama ini dikemas secara apik tanpa ada kebosanan di setiap episodenya. Kasus demi kasus diselesaikan dengan cara yang sangat pintar membuat drama ini sangat bernyawa. Aku selalu deg-degan apa yang akan terjadi selanjutnya ketika Dong Yi tertimpa masalah. Dan ketika sang Raja datang sebagai Dewa penolong, langsung muncul perasaan lega.

ImageAkting para pemainnya patut diacungi jempol. Paling suka ketika Dong Yi sedang bercanda dengan Raja, isi percakapan terlihat biasa tapi romantismenya terlihat begitu kental. Kemarahan dan kesedihan karena kehilangan dan penghianatan juga membuat hati marah dan pilu.

Inti dari drama ini bukan hanya berhasilkah dia mengungkap ketidakbersalahan organisasi perang persaudaraan, tapi bagaimana kisahnya dengan Raja dan kehidupan selanjutnya di istana dengan politik yang kejam? pantes aja sampe 60 episode…

Stars: 4.5

Advertisements

6 thoughts on “Jewel In The Crown / Dong Yi

  1. Medi makin sering aja ya nonton serial korea, terutama yg setingnya jadul, haha.

    Tapi kayaknya seru nih ya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s