Happy Menggosok

Saya yakin pekerjaan menyetrika ini adalah pekerjaan yang banyak di benci orang karena setrika mengeluarkan panas hingga membuat pekerja gerah dan membuang banyak energi dibanding pekerjaan rumah yang lain. Disini saya akan memberikan tips agar pekerjaan ini terasa menyenangkan dan tanpa kalian sadari kalian telah menyelesaikannya.

Sebelumnya saya ingin memberitahukan bahwa setrikaan yang bagus bukanlah setrikaan yang ringan, tetapi setrikaan yang berat. Walau kalian membutuhkan sedikit energi untuk mengangkatnya, tapi yakinlah bahwa setrikaan yang berat membuat pakaian lebih cepat rapi dan kalian akan menghemat waktu karena tidak perlu menggosoknya berulang-ulang. Mari kita mulai tips dari saya.

1. Tunaikan segala panggilan alam sebelum setrika menyetrika dimulai.

Pastikan sebelum menyetrika perut kalian tidak dalam keadaan lapar atau tidak sedang ingin BAB. Karena jika kalian menghentikan kegiatan kalian untuk makan atau BAB, yakinlah setelah itu kalian akan malas melanjutkan pekerjaan yang sempat terhenti tadi.

2. Hindari mata anda dari televisi dan jangkauan makanan.

Televisi membuat pekerjaan kalian semakin lambat dan berantakan karena mata kalian lebih fokus ke televisi. Jika kalian sedang menyetrika dan didepan kalian ada makanan, saya yakin kalian akan tergoda pada makanan tersebut dan langsung menghentikan pekerjaan kalian untuk menyantapnya.

3. Pastikan kalian berada di posisi yang tepat

Karena setrikaan mengeluarkan hawa panas, pastikan posisi kalian saat menyetrika dalam keadaan pas. Seperti saya menyetrika di samping jendela sehingga udara bebas keluar masuk dan tidak begitu kegerahan.

4. Jangan Stress

Jangan stress melihat tumpukan pakaian yang menggunung. Bayangkan saja kalau di dalam tumpukan tersebut lebih banyak kain yang mudah disetrika dengan ukuran besar seperti handuk, sarung, atau mukena. Atau, kalau pekerjaan ini adalah pekerjaan berbagi, bayangkan saja kalau pakaian bagian kalian lebih sedikit.

5. Putar Musik

Pasang musik saat menyetrika dan tanpa terasa waktu cepat berlalu. Sebaiknya kalian memasang musik dengan beat yang cepat agar gerakan kalian tetap semangat dan cepat. Musik mellow membuat gerakan kalian lambat.

6. Jangan memadatkan dan memilah-milah pakaian.

Jangan memadatkan pakaian yang akan disetrika karena itu membuat kain lebih kusut dan sulit di setrika. Setrikalah pakaian dari urutan teratas tumpukan pakaian. Dan tumpuklah pakaian yang bukan bagian kalian di bagian lain.

7. Jangan gunakan cairan penyemprot pakaian.

Kalau katanya cairan penyemprot pakaian membuat pakaian lebih cepat rapi, itu salah. Menggunakan penyemprot atau tidak, kerapian pakaian sama saja. Justru menyemprot pakaian membutuhkan waktu yang lebih banyak. Jika ingin membuat lebih lembut dan wangi sebaiknya menggunakan cairan pelembut dan pewangi pakaian saat mencuci pakaian.

8. Pikirkan hal-hal yang menyenangkan.

Saat menyetrika jangan pikirkan seberapa banyak jumlah pakaian yang tersisa, tapi pikirkanlah hal-hal yang menyenangkan. Misalnya, memikirkan bahwa setelah pekerjaan ini kalian akan pergi shopping dan makan sepuasnya. Memikirkan bahwa setelah pekerjaan ini kalian akan melanjutkan menonton film atau membaca novel yang sempat tertunda. Atau seperti saya kemarin, memikirkan untuk memposting tips ini di MP… hahahaha…. Biar menyetrika otak harus tetap kreatif kan….

Wuuusssss……….. Tanpa terasa pekerjaan kalian sudah selesai…..

Sekian tips dari kak Medi si ahli setrika menyetrika.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s