Pertempuran 10 November 1945

Awalnya aku beliin ni buku buat adekku. Tapi atas rekomendasi dia, maka buku ini aku baca.

Dalam rangka menyambut hari Pahlawan 10 November 2008, maka ibu Sulistina, istri Bung Tomo memberikan buku aslinya kepada Visi Media agar di buat cetakan keduanya. Cetakan pertama buku ini diterbitkan pada tahun 1951.

Sinopsis Buku:
Pertempuran 10 November 1945 adalah sebuah pertempuran besar pertama yang meletus setelah Proklamasi Kemerdekaan, 17 Agustus 1945. Peristiwa pertempuran yang kemudian diperingati sebagai Hari Pahlawan ini merupakan salah satu penentu tetap berdirinya Republik Indonesia pada masa-masa sesudahnya hingga saat ini. Seperti apa pertempuran tersebut? Apa sebabnya? Bagaimana kronologisnya? Siapa arsiteknya? Siapa tokoh-tokoh yang terlibat di dalamnya? Bagaimana pula akibatnya?

Bung Tomo, salah satu aktor sejarah, tokoh utama di balik peristiwa pertempuran di Surabaya itu, enam tahun kemudian (1951) mengisahkannya dengan jujur, lugas, detail, sekaligus tanpa tendensi “memperkosa sejarah” demi kepentingan pribadinya. Peristiwa heroik itu pantas dikenang dan direnungi. Kisahnya wajib dibaca oleh semua orang yang merasa dirinya bangsa Indonesia!

ada beberapa hal dari buku ini yang sangat menarik. Selain mengetahui sejarah yang sebenarnya terjadi, ada beberapa hal yang membuat aku tertawa:
1. Pada saat pelucutan senjata yang dilakukan rakyat Indonesia terhadap Jepang, ada tentara Jepang yang meneteskan air matanya karena harus menyerahkan Samurai turun menurun milik keluarganya. Melihat hal itu Bung Tomo langsung memeluk Keris milik keluarganya.
2. Pidato dr. Mustopo (Kepala Markas Besar Tentara di Jawa Timur) dalam menyambut tentara sekutu yang berisi: “NICA, NICA, NICA, jangan mendarat…. Inggris jangan mendarat…. Kamu tahu aturan Inggris, kamu pintar, sudah sekolah tinggi…. Kamu tahu aturan…. Jangan mendarat NICA, NICA, NICA….”
3. Ketidaktahuan rakyat Indonesia dalam menggunakan granat tangan. Banyak pejuang yang melemparkan granat tangan tanpa menarik pelatuknya, sehingga granat tersebut dikirim kembali oleh musuh dan menewaskan mereka (bikin teringat film Tom and Jerry).

Ingat!!! yang merasa bangsa Indonesia wajib baca!!!!

 

Stars: 4

Advertisements

18 thoughts on “Pertempuran 10 November 1945

  1. riefi5e said: Sejarah yah?Otak aku ga nyampe diin… Buku sains aja deh

    yup….pokoknya rasa nasionalismeku jadi bertambah setelah baca buku ini…. Harusnya rakyat Indonesia lebih pinter lagi sekarang dr pada dulu…. harus lebih berani….

  2. ugroseno said: ciang medi……wah klo liat filmnya seru baget loh….salut deh ma arek2 suroboyo

    siang…oya… ada filmnya…. kalo gak salah dulu waktu SD pernah nonton…. tapi udah lupa…..sekarang masih ada gak ya?

  3. medilubis said: siang…oya… ada filmnya…. kalo gak salah dulu waktu SD pernah nonton…. tapi udah lupa…..sekarang masih ada gak ya?

    iyah dulu ada filmnya…pas SD aku sempet liat

  4. ugroseno said: oh gt yah…klo aku hampir liat semua seh…habis jaman akuh dulu diwajibkan anak sekolah liat film2 perjuangan

    Cut nyak Dhien brarti nonton juga dong….Aku cuma tau kalo filmnya ada, tapi aku gak pernah nonton…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s